Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghadapi Teman Yang Baperan

 

Foto oleh Rheza Aulia dari pexels


Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial, saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sebagai manusia kita pasti punya sisi positif dan negatif, sisi sensitif atau  baper, meski kadarnya tiap orang  berbeda-beda. 

Sisi sensitif atau baper  ini biasanya muncul saat hati sedang tidak mood untuk melakukan sesuatu. Jangankan bercanda, disapa saja mungkin tak menyahut alias dicuekin deh.  Kita harus berhati-hati jika berhadapan dengan orang sensitif. Karena terkadang kita tidak tau, candaan kita dianggap serius oleh teman kita yang baperan tersebut.

Saya akan mencoba merangkum beberapa cara menghadapi teman yang suka baper.  


Jangan  ikutan baper juga 

Jika teman kita sedang sensitif alias  baper, sebaiknya kita  juga jangan ikutan  baper atau terbawa emosi. Kita bawa santai saja. Biarkan saja teman kita  menyendiri sampai dia tenang. Setelah dia tenang, baru kita ajak bicara dari hati-ke hati. 

Tapi jangan sampai ada orang yang mengambil keuntungan dalam masalah ini, karena bisa saja memperkeruh permasalahan. Menghadapi teman yang baper kita perlu ekstra hati-hati, salah sedikit bisa salah persepsi.


Jangan malu untuk  minta maaf lebih dahulu

Kita tidak tau, mungkin sikap kita yang membuat teman kita menjadi baper.  Siapa sih yang tidak suka punya teman yang baik hati. Kita tentunya  tidak ingin kehilangan teman kita itu, meski dia sering baper dan kadang kurang asyik diajak bercanda. Apa salahnya Kita minta  maaf terlebih dahulu bila itu bisa menjadi  jurus jitu untuk mencairkan suasana hatinya.


Jadilah pribadi yang bijak dan dewasa

Menghadapi teman yang baper itu, sebagai teman, kita harus hadapi dengan  kepala dingin dan harus bijak. Apa salahnya kita mengalah sedikit untuk Teman yang suka baper agar dia  senang.  Jika teman kita yang baper mempunyai teman seperti kita, yang berusaha bijak dalam menghadapi masalah apa pun. Semoga saja sikap dewasa kita lambat laun akan menular padanya.


Hadapi dengan penuh kesabaran

Sikap sabar kita bisa jadi  salah satu  kunci untuk mempertahankan hubungan pertemanan. Jika kita sedang baper, tentu kita  juga berharap agar teman kita bisa bersabar menghadapi sikap kita.


Jangan diambil hati

Sebagai teman dekat, pasti kita sudah mengenal betul sifat teman kita. Jadi, jangan dimasukkan ke hati, jika teman kita  agak jutek atau ketus ketika sedang baper. Kita ingat-ingat saja kebaikannya. 


Itulah cara kita menghadapi teman yang suka baperan, mungkin diantara pembaca ada trik-trik lain yang lebih jitu. Intinya kita harus saling memahami satu sama lain. Lika liku kita bergaul di dunia ini. Semoga kita bisa cerdas secara emosi, biar bisa menempatkan rasa marah kita dengan bijak. Salam.


ADSN1919

Apriani1919
Apriani1919 Biarkan penaku menari dengan tarian khasnya, jangan pernah bungkam karena itu membuat aku tiada secara perlahan

12 komentar untuk "Cara Menghadapi Teman Yang Baperan"

  1. Waah bermanfaat nih☺️😁🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😅😃😃 nulis iseng2 berhadiah ini 😁

      Hapus
  2. Balasan
    1. 😅😃 iya, teori gampang prakteknya ga tau hehehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. 😁😅 iya mba Husna, semoga berhasil 😃

      Hapus
  4. Nah ini tepat sekali Bu Dinni, sering saya menemukan teman baperan, untung saya ga baperan, hehe 🤭
    Makasih yaa Bu Dinni, sehat selalu 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin gemesssss bin keselllll ya, alhamdulillah sehat, begitupun dirimu ya sayyy 😁🤗🤗

      Hapus