Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Feed Instagram Photoshop dan Corel

Kemampuan untuk mengelola sosial media Instagram menjadi salah satu nilai tambah saat ini. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk mengelola Instagram dengan baik yaitu mengetahui ukuran feed Instagram. Pasalnya, ukuran feed ini berpengaruh terhadap view dari pengguna Instagram.

Jika ukuran feed tidak sesuai, maka foto atau video tidak akan enak dipandang. Selain menentukan ukuran feed, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari video dan foto yang Anda unggah. Sebaiknya, pilihlah video dan foto yang memiliki kualitas tinggi agar tampilan menjadi semakin menarik. 

Nah, bagi Anda yang belum tahu ukuran feed untuk foto dan video di Instagram, jangan khawatir karena di bawah ini ada penjelasan tentang ukuran feed untuk Instagram secara lengkap. 

Ukuran Feed Instagram untuk Foto

Ukuran feed Instgram foto terbagi menjadi 3 style, yaitu Square, Landscape, dan Potrait. Untuk ukuran feed Instagram landscape memiliki rasio 1.91 : 1 atau sebanding dengan 608 x 1080 pixel. Selanjutnya, untuk model potrait memiliki rasio sebesar 4:5 atau 1080 x 1350 pixel. 

Untuk ukuran Square yaitu dengan resolusi 1080 X 1080 pixel atau sebanding dengan rasio 1:1. Jika Anda bingung dengan ukuran dalam satuan pixel, Anda bisa mencari tahu ukuran square Instagram dalam cm.

Nah, ukuran-ukuran tersebut adalah ukuran yang sebaiknya Anda gunakan ketika mengunggah foto dan video ke Instagram. Jika Anda sudah mengunggah foto, maka IG akan mengkonversi secara otomatis agar ukuran foto menjadi lebih kecil. Sebagai contoh, jika foto model square dengan ukuran 108- x 1080 pixel, maka akan dikonversi menjadi ukuran 600 x 600 pixel. 

 Ukuran Feed Instagram untuk Video

Ukuran feed Instagram untuk video berbeda dengan foto. Memperhatikan ukuran video saat mengunggahnya ke IG sangat penting agar video tidak pecah. Nah, ukuran feed IG untuk video yang ideal yaitu dengan rasio 4:5 dan 1.91:1. Untuk ukuran feed Instagram 4x5 setara dengan resolusi 1080 x 1450 pixel. Sedangkan, untuk rasio 19.1: 1 setara dengan 1080 x 608 pixel. Anda bisa memiliki salah satu di antara kedua pilihan tersebut. 

Ukuran Rasio IGTV

Untuk layar model potrait, ukuran rasio dari IGTV yaitu minimal 4:5 dan maksimal 9:16. Sedangkan untuk orientasi layar model landscape, ukurannya yaitu minimal 5:4 dan maksimal 16:9. Nah, agar video tidak pecah, maka Anda disarankan untuk menggunakan resolusi sebesar 1920 x 1080 pixel untuk rasio 16:9 dan ukuran 1080 x 1920 untuk rasion 9:16. 

Ukuran Rasio Instagram Story

Fitur Instgram Story memungkinkan pengguna IG untuk memposting foto atau video dengan tambahan animasi, emoticon, teks, dan fitur menarik lainnya. Ukuran feed instagram story yang ideal untuk foto dan video yaitu antara 1.91:1 hingga 9:16. Namun, ukuran yang paling disarankan yaitu 4:5 dan 9:16.

Rasio 1.91:1 untuk video yaitu sebesar 1080 x 608 pixel. Selanjutnya, untuk rasio 9:16 sebanding dengan 1080 x 1920 piksel dengan orientasi layar potrait. 

Cara Mengubah Ukuran Feed Instagram

Jika Anda tidak memiliki ukuran foto yang ideal untuk diunggah ke IG, maka Anda bisa mengubah ukuran feed IG di Photoshop. Selain itu, Anda juga bisa mengubah ukuran feed Instagram di Corel. 

Nah, itulah ulasan lengkap tentang ukuran feed Instagram. Setelah mengetahui ukuran ideal untuk feed Instagram di atas, maka Anda akan lebih mahir lagi dalam mengelola feed IG untuk menjadi lebih menarik.

 

  


Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

12 komentar untuk " Ukuran Feed Instagram Photoshop dan Corel"

  1. Makasih artikelnya ☺️😉 sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Nah ini yang belum pernah saya pahami. Instagram, ya apa adanya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, mari kita tes, apa yang terjadi..😅✌️

      Hapus
  3. Wah ini yang saya cari, kebetulan banget. Makash ya mbaa

    BalasHapus
  4. Oh, jadi ini rahasianya feed instagram ciwi-ciwi hits keren? oke, dicoba. Thanks kak sudah mau berbagi informasi

    BalasHapus
  5. Aku suka banget sih pake 1:1 doang sih. Hehe...

    BalasHapus
  6. entah knp sampe skrg saya kok gak terlalu aktif ya pake Instagram...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga sekarang jarang aktif di Instagram 😁 semenjak ganti hp dan lupa pasword 😁

      Hapus