Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senam Hamil: Apa Saja Manfaatnya?

 

Senam Hamil: Apa Saja Manfaatnya?

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels


Umumnya, melakukan senam hamil saat ini sedang menjadi trend kekinian. Namun, di samping trend yang cukup populer di kalangan ibu – ibu hamil. Senam tersebut juga memiliki manfaat penting. Apalagi salah satu manfaatnya dapat membantu persalinan yang lebih mudah nantinya.

 

Beberapa Macam Manfaat dari Senam Hamil

Hamil tidak menuntut Anda untuk berhenti olahraga, justru akan lebih baik lagi jika melakukan olahraga. Selain menyehatkan, nantinya juga dapat mempermudah proses persalinan nantinya. Akan lebih baik lagi jika melakukannya secara rutinan. Berikut manfaat mengikuti senam hamil :

 

1.     Dapat Membantu Tidur Jauh Lebih Nyenyak

Salah satu manfaat dari mengikuti senam hamil, yaitu dapat membantu ibu hamil lebih nyenyak saat tidur. Itu karena senam khusus bumil dapat membuat tubuh cepat lelah, oleh karena itulah ibu yang sedang hamil harus rajin berolahraga. Misalnya saja saat pagi atau bahkan di sore hari juga bisa.

Dengan melakukan senam hamil, maka malam hari akan cenderung lebih nyenyak saat tidur. Tentu saja hal ini sangat baik untuk bumil. Mengingat mereka juga perlu istirahat yang cukup dan tidak boleh stress / terlalu lelah. Namun, bukan berarti harus tidur sepanjang hari. Olahraga juga penting.

 

2.     Membantu Mengurangi Ketidaknyamanan Ketika Hamil

Kendala yang seringkali banyak ibu hamil alami, yaitu tubuh yang kurang bugar. Misalnya saja seperti  punggung yang sering sakit, sembelit, pembengkakan pada kaki contohnya, dan juga perut terasa kembung. Hal tersebut wajar dan normal saja, tidak perlu khawatir. Bahkan olahraga bisa mengatasinya.

Dengan melakukan senam hamil, tubuh menjadi kian aktif bergerak. Itulah yang justru dapat mendukung kelancaran dari sistem peredaran darah yang ada di dalam tubuh. Melakukan olahraga juga dapat mencegah serta mengatasi yang namanya nyeri selama masa kehamilan berlangsung.

 

3.     Dapat Membantu Mengurasi Rasa Stress Berlebihan

Tahukah Anda, bahwa melakukan olahraga seperti senam hamil ini dapat membantu mengurangi stress? Itu karena olahraga tersebut mampu meningkatkan kadar serotonin, di mana serotonin tersebut merupakan zat kimia otak yang memiliki keterkaitan erat dengan suasana hati seseorang.

Menjadikannya merasa lebih bahagia dan juga jauh lebih bersemangat dari sebelumnya. Mengingat ibu hamil itu tidak boleh banyak stress, jadi olahraga semacam senam hamil ini sangat membantu mereka. Apalagi baik untuk kesehata janin yang ada di dalam kandungan ibu.

 

4.     Menurunkan Risiko Terjadinya Komplikasi Kehamilan

Selain itu, melakukan olahraga semacam senam hamil dapat membantu untuk menurunkan risiko komplikasi. Jenis komplikasi yang bisa diminimalisir dengan olahraga, antara lain preeklampsia dan juga diabetes gestasional. Hal tersebut biasanya seringkali terjadi pada ibu hamil pada umumnya.

Masalah yang seringkali terjadi, yaitu berat badan bayi yang terlalu berlebihan. Di mana bayi tersebut menurun dari ibunya sendiri. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan olahraga seperti senam hamil sekitar tiga kali dalam seminggu. Agar terhindar dari yang namanya komplikasi.

 

5.     Dapat Membantu Menyediakan Energi

Manfaat dari melakukan senam hamil secara rutin juga dapat membantu si ibu untuk menyediakan energi. Mengingat bumil pasti melakukan kegiatan sehari – hari versi mereka sendiri, sehingga jika olahraga rutin. Maka tidak akan mudah lelah.

Tidak hanya itu saja, olahraga semacam senam hamil ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Bahkan juga bisa melatih otot si ibu supaya lebih terbentuk. Dengan begitu, bagian gelambir yang ada pada tubuhpun sirna.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga informatif, mengenai manfaat dari melakukan senam hamil secara umum. Jikalau Anda berada dalam posisi hamil, usahakan untuk olahraga secara rutin. Agar tetap sehat dan persalinan lancar nantinya.

12 komentar untuk "Senam Hamil: Apa Saja Manfaatnya?"

  1. Waah informasi yang bermanfaat untuk calon ibu - ibu nih👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, edukasi untuk para Bumil 😁 makasih sudah mampir ☺️🤗

      Hapus
  2. Saya gak bisa ikutan senam dong? 😁

    BalasHapus
  3. Informatif mb din bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga tetap fit dan bugar

    BalasHapus
  4. Lha saya ngga bisa ikut senamnya nih..hihihi

    BalasHapus
  5. Aku ga mau hamil lagi Mba 😄

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat. Wahai ibu2 muda! Yang hamil atau dalam perencanaan untuk hamil. Baca artikel ini sampai tuntas! Pahami dengan baik dan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ayo pada senam hamil yang sedang hamil, biar sehat 🤗

      Hapus