Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tebing Breksi, Tempat Wisata Baru yang Populer di Sleman, DI Yogyakarta

 

Tebing Breksi, Tempat Wisata Baru yang Populer di Sleman, DI Yogyakarta
Foto: Salah satu spot foto diTebing Breksi (Warkasa1919/Rumahfiksi.com)

Rumahfiksi.com - Tebing Breksi adalah salah satu daerah tujuan wisata yang berada di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.


Sejarah Tebing Breksi 

Foto: Tebing Breksi (Warkasa1919/Rumahfiksi.com)

Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini, dulunya kawasan ini adalah tempat warga sekitar kawasan melakukan penambangan batuan kapur. 

Batu kapur tua yang ada di tempat ini dulunya sempat menjadi sumber mata pencaharian utama masyarakat di sekitar daerah ini, lalu pada tahun 2014, ketika kira-kira hanya sepersepuluh dari volume awal Tebing Breksi yang tersisa, beberapa peneliti gabungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) meninjau Tebing Breksi, dan menemukan jenis batuan tufan yang langka.

Tak lama setelah penemuan batuan tufan yang langka, Tebing Breksi ditetapkan sebagai salah satu Geoheritage Yogyakarta dan  dilarang untuk ditambang lagi.


Jika dahulu Tebing Breksi ini ditambang kapurnya, maka sekarang di tambang pesonanya.


Tempat wisata Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan penandatanganan prasasti pada tanggal 30 Mei 2015 silam.

Walau masih terbilang baru, tapi tempat ini telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Tempat Wisata Baru Terpopuler pada tahun 2017 yang lalu. 


Tebing Breksi, Spot Foto Unik

Tebing Breksi, Tempat Wisata Baru yang Populer di Sleman, DI Yogyakarta
Foto: Tebing Breksi (Warkasa1919/Rumahfiksi.com)

Bagi pelancong yang gemar berfoto-foto sambil menikmati pemandangan yang indah, maka berwisata di sekitar Tebing Breksi, Kabupaten Sleman ini bisa menjadi pilihan, sebab tempat wisata yang satu ini terkenal akan berbagai spot foto uniknya. Salah satu spot foto yang paling digandrungi pengunjung adalah ukiran relief berbentuk wayang dan patung semar yang ada di dinding Tebing Breksi ini.

Foto: Ukiran di Tebing Breksi (Warkasa1919/Rumahfiksi.com)

Untuk beberapa spot foto yang ada di tempat ini, wisatawan tidak di wajibkan untuk membayar ke para petugas namun jika ingin membayar, bisa melakukannya dengan sukarela dan tidak ada ketentuan minimal berapa rupiahnya.

Foto: Salah satu spot foto di Tebing Breksi (Warkasa1919/Rumahfiksi.com)


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Foto: Pintu masuk Tebing Breksi (Warkasa1919/Rumahfiksi.com)


Mengutip dari situs yogyes.com, Tebing Breksi buka setiap Selasa-Jumat dari pukul 06.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 06.00-19.00 WIB sementara Senin libur.

Untuk harga tiket masuknya dipatok per orangnya adalah Rp 10.000,-

Itulah sedikit gambaran tentang Tebing Breksi, tempat Wisata baru yang sempat masuk daftar wisata terpopuler di tahun 2017. 


Bahan bacaan : 1



Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

2 komentar untuk "Tebing Breksi, Tempat Wisata Baru yang Populer di Sleman, DI Yogyakarta"

  1. Terimakasih artikel tentang wisatanya 👍👍👍 pengalaman yang luar biasa 🙏🙏 semoga suatu saat bisa menjelajah kembali 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bisa berkeliling kembali untuk mengunjungi tempat - tempat wisata yang lainnya 🤝

      Hapus