Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula

 

Foto oleh Ann Nekr dari Pexels
Foto oleh Ann Nekr dari Pexels

 

Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk menulis cerpen nyatanya hal ini memang tidak sulit. Hanya saja membutuhkan kemampuan baik supaya dapat tersampaikan kepada pembaca. Ada beberapa cara dapat orang-orang terapkan ketika ingin memulainya.

Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula

Hal yang perlu Anda pahami sebagai pemula untuk menulis cerpen adalah memahami bahwa cerita pendek ini berbeda dengan karangan berbentuk novel. Maka dalam penulisannya pun juga terdapat beberapa perbedaan. Berikut beberapa cara membuatnya:

1. Mencari Ide Cerpen

Cara menulis cerpen yang paling utama adalah dengan mencari ide. Tidak harus menggunakan tema rumit namun bisa saja memilih dari kejadian sehari-hari saja. Nantinya dapat Anda kembangkan sebagai judul cerita menarik bagi pembaca.

Contoh sederhananya adalah ketika melihat seorang perempuan sedang menyirami tanaman, maka dapat menjadi judul dari cerpen yakni Gadis dan Tanaman. Jadi membuat judul cerpen pun tidak selalu rumit asalkan Anda bisa membuatnya terlihat menarik.

2. Menulis dengan Gaya Kepenulisan Sendiri

Satu hal yang paling penting untuk Anda terapkan adalah dengan menulisnya menggunakan gaya kepenulisan sendiri. Pasalnya banyak dari pemula justru meniru model tulisan dari penulis terkenal sehingga tidak memiliki ketertarikan atau kekhasan.

Hal ini menjadi cara yang paling enggan pemula terapkan sehingga tidak memiliki ciri khas sendiri. Metode ini sebenarnya cukup efektif bagi Anda agar berhasil mempunyai gaya kepenulisan tertentu dan tak lagi terpengaruh oleh penulis lainnya.

3. Menentukan Alur dan Plot

Alur dan plot menjadi rangkaian peristiwa yang mampu menggerakkan cerita untuk mencapai kesan dan efek tertentu. Banyak anggapan sampai saat ini masih keliru ketika membahas mengenai dua komponen tersebut.

Plot sendiri merupakan rancangan rahasia dari penulis untuk mencapai tujuan tertentu. Lebih gampangnya yakni menjelaskan mengeni sebab akibat sehingga mampu membuat sebuah cerita menjadi lebih hidup.

Ketiga tips di atas dapat Anda terapkan untuk memulai membuat cerpen. Bagi banyak orang, kegiatan menulis memang menyenangkan namun sebagian dari mereka juga mengaku bahwa hal ini cukup sulit sehingga memerlukan perhatian lebih sebelum melakukannya.

10 komentar untuk "Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula "

  1. Terimakasih untuk artikelmya mbak, inspiratif dan bermanfaat 👍

    BalasHapus

  2. Cerpen versi Melayu y.
    Versi Sunda lain lg: cerpon.
    Cerita pondok.

    Klu ceriwis, mgkn cerita marawis.

    Go ahead ...Jeung....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bahasa Cirebon apa gitu?
      Makasih sudah mampir

      Hapus
  3. save dulu kak dini...mbul pengen bisa bikin cerpen yang bahasanya indah kayak kakak hehehe...
    berhubung aku masih pemula, aku mau serap dulu ilmunya kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbul adik yang lucu dan pintar, kakak juga masih harus banyak belajar, sering intip2 punya Mbul hihihi

      Hapus

  4. Ulasan yang menarik dan bermanfaat. Sebaiknya lansung eksekusinya. He he .... Selamat malam.

    BalasHapus