Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 - 6 DARI 9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

 

4 - 6  DARI 9 TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI


TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

Halo Sahabat Rumahfiksi.com, Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan tetap semangat menghasilkan karya di masa pandemi seperti saat ini, ya! Rumahfiksi.com kali ini ingin berbagi artikel tentang cara mempromosikan buku hasil karya sendiri. Pada artikel yang tayang di Rumahfiksi.com ini adalah bagian 4 s.d 6 dari 9 tips mempromosikan buku hasil karya sendiri yang tayang di tiga blog member 1919.

Memang sih, udah gak jamannya lagi hanya penerbit yang mempromosikan sendirian hasil karya penulis yang masuk kedalam percetakan mereka, jadi seperti yang penulis lainnya lakukan, mau gak mau ya sebagai penulis, kita sendiri yang harus ikut turun tangan agar buku – bukukarya kita itu bisa diketahui oleh pembaca dan laris bisa laris manis di pasaran.

 

Tugas seorang penulis bertambah ya?

 


Sepertinya iya, sebab seorang penulis yang menerbitkan buku dan ingin hasil karya mereka itu bisa sampai ke tangan pembaca, saat ini sepertinya sudah menjadi kewajiban khusus untuk ikut aktif mempromosikan buku – buku hasil karyanya. Jadi tugas seorang penulis itu saat ini tidak hanya berhenti di penulisan naskah. Coba Sahabat 1919 bayangkan! Jika hanya mengandalkan tim pemasaran dan promosi dari penerbit, tentunya hal itu akan terasa kurang maksimal, kenapa? Setiap bulan, penerbit akan menerbitkan berapa puluh buku? Itu kalau penerbit kecil, bagaimana jika penerbit besar? Tentu bisa menncapai ratusan kali ya?

Jadi bisa Sahabat rumahfiksi.com bayangkan bukan? Gimana susahnya bagian promosi yang mungkin hanya di isi oleh sedikit orang itu mempromosikan buku yang jumlahnya mencapai ratusan setiap bulannya, jadi, mari kita bantu mereka untuk mempromosikan karya – karya kita sendiri.

Lalu, bagaimana caranya untuk mempromosikan buku – buku hasil karya kita sendiri? Apakah perlu kita berkeliling ke seluruh pelosok negeri untuk mempromosikan agar masyarakat luas mengetehaui hasil karya kita dan mau membelinya? Kalau memang ada biaya dan sekalian untuk liburan sih boleh – boleh aja, lalu bagaimana jika dana kiita yang ad aitu hanya sebatas cukup untuk biaya membayar ke penerbitnya saja? Silahkan simak ulasan ini sampai tuntas di 3 bloh member 1919 yang linknya ada di bagian paling bawah artikel ini. Tentang tips cara mempromosikan buku hasil karya sendiri agar bisa laris manis dipasaran.

 

4. Menyumbangkan Buku untuk Pihak yang Membutuhkan

Tips ke empat dari 9 tips mempromosikan buku hasil karya sendiri adalah dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan menyumbangkan buku - buku kepada orang - orang yang membutuhkan. Beberapa penulis lain pernah melakukan ini, contohnya di blog secangkir kopi bersama yang kini sudah berganti nama menjadi eskaber.com, gabungan para penulis di sana dulu pernah membuat satu buku yang ditujukan untuk dibagikan ke beberapa sekolah di daerah Jawa. Ada dua hal positif yang di dapatkan, pertama sekolah – sekolah yang memang membutuhkan buku – buku bacaan untuk peserta didiknya, mereka bisa mendapatkan buku secara cuma – cuma dan untuk eskaber sendiri, itu menjadi promosi gratis untuk memperkenalkan blog gabungan tersebut ke pembaca.

Jadi, bisa saja kita juga ikut andil di dalam menyalurkan buku-buku hasil karya kita ke taman bacaan atau lembaga yang membutuhkan sumbangan buku anak.

 

5. Blog Tour Buku Terbaru

Dari beberapa penulis, Rumahfiksi.com mengetahui bahwa cara ini lumayan efektif dan sedang marak dilakukan oleh beberapa penulis. Jadi penulis dan penerbit menggandeng para blogger untuk ikut mempromosikan buku – buku karya mereka di blog nya. Metode yang biasa dilakukan adalah beberapa blogger akan secara bergantian mengulas buku – buku tersebut dan mengadakan acara yang akan berhadiah buku di blog mereka.

Acara ini biasanya bisa berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan, hal ini tergantung dari jumlah blogger yang bersedia untuk mengikuti acara. Dari beberapa penulis rumahfiksi.com mengetahui bahwa cara promosi buku seperti ini lumayan efektif dan sebenarnya bisa saja kita contoh untuk mempromosikan buku – buku hasil karya kita agar lebih dikenal dan bisa laaris manis di pasaran. Sebab secara otomatis buku – buku karya kita akan muncul di beberapa medsos para blogger yang ikut mempromosikan buku – buku karya kita.

 

6. Menjadi Mentor atau Pembicara di Kelas Menulis

Cara yang satu ini bisa Sahabat lakukan, yaitu dengan cara menjadi pembicara atau mentor kelas menulis, hal ini baik untuk Sahabat lakukan, sebab ini bisa membuka peluang baru bagi Sahabat untuk mempromosikan buku – buku karya kita kepada para peserta, mengajak mereka untuk giat menulis dan membaca, lalu memberi contoh hasil karya tulis tulis itu dalam bentuk buku karya kita.

Membagi ilmu menulis di sekolah-sekolah ataupun Lembaga adalah kesempatan bagus yang bisa Sahabat lakukan, jadi sambil mengajar, berbagi ilmu serta pengalaman, Sahabat bisa sekalian promosi buku – buku yang sudah pernah Sahabat terbitkan.

 

Nah, Sahabat sekalian, itulah 4 s.d 6 dari 9 tips mempromosikanbuku hasil karya sendiri yang bisa Sahabat coba dan lakukan. Semoga artikel ini bisa sedikit bermanfaat buat Sahabat sekalian yang hendak menerbitkan buku – buku hasil karya Sahabat ya. Salam hangat dan salam kenal untuk Sahabat yang sudah berkenan mengunjungi blog ini dan blog member 1919 lainnya dan membaca sampai tuntas hingga ke bagian akhir artikel yang mengulas tips mempromosikan buku hasil karya sendiri.

 

1919

  TIPS MEMPROMOSIKAN BUKU HASIL KARYA SENDIRI

© Rumahfiksi.com, All rights reserved.