Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DomaiNesia

Apakah Anda seorang Ayah? Selamat Hari Ayah Nasional!

Imajinasi Tanpa Batas

Apakah Anda seorang Ayah? Selamat Hari Ayah Nasional! 

Waah! Ternyata hari ini, 12 November 2020 adalah Hari Ayah Nasional. Hari ini Indonesia kembali memperingati Hari Ayah Nasional seperti halnya negara-negara lain di dunia yang juga merayakan Hari Ayah.

Hari Ayah sendiri telah dilakukan dan dipringati semenjak awal abad ke-12 dan pada hari itu dimaknai sebagai hari untuk menghormati Ayah di seluruh belahan dunia. 

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Ayah ini, sebagai contoh, di Amerika Serikat, budaya merayakan Hari Ayah ini telah ada sejak Juni 1910 lalu di Negara Bagian Washington. 


Lantas, bagaimana dengan pringatan Hari Ayah di negara lain? 


Dikutip dari Kompas.com, beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, biasanya malah memberikan penghargaan di setiap 19 Maret atau bertepatan dengan St Joseph's Day kepada para Ayah.

Jangan heran jika pada hari ini kita akan banyak menemukan ucapan dan #HariAyah di berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan e-mail. Google Doodle sendiri pada hari ini juga memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November 2020, yaitu dengan cara mengizinkan siapa pun untuk membuat surat digital, yang dilengkapi berbagai emoticon, beramplop Happy Father's Day!


Jika Hari Ibu telah ditetapkan sejak 1953 oleh Presiden Soekarno, maka peringatan Hari Ayah di Indonesia baru dimulai sejak tahun 2016, atas prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).


Lantas bagaimana sejarahnya tanggal 12 November ini bisa di jadikan sebagai Hari Ayah Nasional? 


Ternyata peringatan Hari Ayah Nasional ini bermula pada saat PPIP tengah merayakan Hari Ibu dengan mengadakan Lomba Menulis Surat untuk Ibu pada 2014 lalu. Saat itu di akhir acara, mayoritas peserta lomba menanyakan kepada panitia, kapan lomba menulis surat untuk Hari Ayah dilakukan. Sebab menurut para peserta Lomba Menulis Surat untuk Ibu yang hadir pada saat itu menganggap bahwa sosok Ayah juga menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah keluarga. 

PPIP kemudian melakukan audiensi ke DPRD Surakarta menanyakan peringatan Hari Ayah di Indonesia. Dan pada 12 November 2016 PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah Nasional di Surakarta.

Selanjutnya pada saat meluncurkan buku "Kenangan untuk Ayah", yang berisi 100 surat anak Nusantara diseleksi dari para peserta yang ikut pada acara Sayembara Menulis Surat untuk Ayah, setelah deklarasi, buku dan piagam deklarasi “Hari Ayah”  itu dikirimkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan 4 bupati di Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Dan moment itulah yang menjadi tonggak sejarah penetapan Hari Ayah di Indonesia dengan peringatan secara nasional di setiap 12 November setiap tahunnya.

 

Selamat Hari Ayah!

 

Bahan bacaan : 1

 

 Kembali

Halaman
1

 © 2020-2023 - Rumahfiksi.com. All rights reserved

Warkasa1919
Warkasa1919 Selain menulis, saat ini Warkasa1919 lebih fokus di jasa pembuatan Website & Blog siap pakai serta melayani Jasa Pemetaan di 1919 Mapping bersama Rekan-rekannya.

3 komentar untuk "Apakah Anda seorang Ayah? Selamat Hari Ayah Nasional! "

  1. Selamat Hari Ayahhhhhh 😁😀 terimakasih artikelnya jangan bosan nulis disini yaaaaa😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya😂 nanti tak isi cerpen juga ya?😂🙏☕

      Hapus
    2. Boleh banget 😁😀😀

      Hapus
www.domainesia.com