Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DomaiNesia

Tips Membaca Novel dalam Bahasa Inggris

Imajinasi Tanpa Batas

Tips Membaca Novel dalam Bahasa Inggris

Aktivitas membaca buku dalam bentuk novel sebenarnya menjadi salah satu kegemaran orang-orang. Mereka pun sangat senang melakukannya karena memberikan beragai manaat terutama untuk mengisi waktu luang. Lantas bagaimana jika tertulis dalam bahasa Inggris?

Tips Membaca Novel dalam Bahasa Inggris

Membaca novel dalam bahasa Inggris menjadi salah satu cara untuk mengasah ketrampilan dalam bahasa asing. Meskipun memang tergolong sulit namun sebagian besar orang menganggap jika metode ini cukup aktif guna meningkatkan kemampuan mereka. Berikut tipsnya:

1. Memilih Diksi yang Sederhana

Tips paling utama yang bisa Anda terapkan adalah dengan memilih diksi sederhana saja. Artinya ialah penulisannya menggunakan kata-kata tidak begitu rumit, kalimat pendek dan juga paragrafnya tak begitu panjang sehingga lebih mudah untuk memahaminya.

Pasalnya jika Anda sudah memilih bacaan yang cukup rumit dan berat maka penguasaan Bahasa Inggris yang belum terlalu lancar justru terasa sangat sulit. Namun jika sudah terbiasa, maka dapat mencoba dengan membaca alur lebih kompleks.

2. Menghindari Novel yang Terlalu Tebal

Ketika Anda masih pemula dalam membaca novel, maka jangan pernah untuk memilih novel yang sangat tebal. Baca saja dengan ketebalan 50 sampai 100 karena lebih cocok ketika ingin menguasai bahasa Inggris dari metode membaca.

Memulai sesuatu yang baru memang memerlukan hal-hal sederhana begitu pun juga saat memilih novel sebagai bahan bacaan. Dalam bahasa Inggris memang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi untuk Anda pahami sehingga mulailah dari buku tipis dahulu.

3. Mencari Tahu Kata yang Sulit

Dalam membaca novel berbahasa Inggris, tentu saja Anda pun akan menjumpai kata-kata yang sulit. Pastikan untuk mencari tahu satu per satu sehingga lebih mudah memahami bacaan secara keseluruhan.

Terlebih dari segi bacaan yang tertulis dalam bahasa asing memang cukup sulit untuk memahaminya secara keseluruhan. Jadi jangan khawatir apabila harus memerlukan waktu relatif lama hanya karena ingin mendapatkan pemahaman dari satu paragraf saja.

Ketiga tips di atas bisa Anda terapkan pada saat ingin menjadikan novel bahasa Inggris sebagai bahan bacaannya. Metode satu ini memang cukup efektif untuk orang-orang ketika hendak meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

 

 Kembali

Halaman
1

 © 2020-2023 - Rumahfiksi.com. All rights reserved

18 komentar untuk "Tips Membaca Novel dalam Bahasa Inggris "

  1. Terimakasih untuk tips nya, beranfaatπŸ˜…πŸ‘

    BalasHapus
  2. Sip. Bermanfaat. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  3. Saya banyak Novel bahasa inggris nih gak bisa bacanya

    BalasHapus
  4. Kalo bahasa Inggris nya hanya satu sedikit, misalnya yes no oke itu cara membaca novel bahasa Inggris nya gimana ya? Apakah harus buka kamus tiap saat.

    Satu halaman seminggu, novel seratus halaman bisa² dua tahun baru selesai baca.πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ cari kata yg tersulit om 😁

      Hapus
  5. mbul kalau novel nyerah kak dini...tapi kalau buku ilustrasi anak anak yang bahasa inggris karena beberapa paragraf doang mbul oke hihi...maklum kemampuan nerjemahkan mbul masih rata rata air kak..pengen sinau bahasa inggris lagi aku xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi sama Mbul 😁😁 baca novel b Inggris eh lupa lagi yang udah d baca jln ceritanya bagaimana 😁

      Hapus
  6. Tipsnya bermanfaat banget mba.. dulu sempet hoby banget dan baca novel tapi sekarang udah jarang banget kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi saya juga sudah jarang
      Berburu novel 😁 dulu sering banget beli novel dan bisa langsung tamat dalam sehari πŸ˜‚

      Hapus
  7. Pernah saya baca buku berbahasa inggris. Nyerah, belum kelar satu halaman, ternyata banyak kosa kata yang belum saya mengerti. Nyerah karena harus 'metani' satu-satu untuk mencari terjemahannya. Salam Kak

    BalasHapus
www.domainesia.com