Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan_Ilustrasi gbr oleh Canva

Melatih keimanan

Rumahfiksi.com - Sudah banyak yang mengetahui jika salah satu manfaat berpuasa adalah mampu meningkatkan spiritual seseorang.

Beberapa pelaku ibadah puasa, melakukan kegiatan ini bertujuan untuk mengejar ampunan dari Allah SWT. Selain diyakini mampu membuka pintu Rahmat dan ampunan, kegiatan ibadah berpuasa juga dipercayai merupakan kegiatan yang bisa membawa berbagai macam kebaikan, baik bagi yang mengerjakannya maupun orang-orang yang berada disekitarnya.

Selain mampu membawa kebaikan dari sisi spiritual, ibadah puasa yang dilakukan oleh seseorang juga dipercaya mampu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan.

 

1. Puasa mampu memperbaiki Gula Darah.

Puasa diyakini mampu memberikan manfaat bagi pelaku yang mengidap diabetes, dengan menahan rasa lapar dan haus selama beberapa lama dan teratur, beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa hal tersebut  bisa membantu mengurangi tingkat resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih.

Hal itu bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

 

2. Puasa mampu Mengurangi Kolesterol Tubuh.

Selain mampu memperbaiki gula darah, manfaat dari melakukan puasa lainnya adalah dapat mengurangi kolesterol jahat LDL (low-density lipoproteins).

Artinya, dengan rajin berpuasa maka si pelaku secara tidak langsung akan terhindar dari serangan jantung, karena efek  positif dari berpuasa ini adalah  mampu menekan kolesterol yang bisa menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi.

 

3. Puasa mampu mengurangi Lemak Tubuh

Mungkin ada diantara teman-teman yang pernah dianjurkan oleh dokter untuk mengurangi lemak tubuh, atau menurunkan berat badan, hal itu bertujuan untuk menghindari risiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung.

Tahukah Teman? Jika puasa ternyata dapat membantu meredakan asupan kalori, serta mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

 

4. Puasa mampu menjadi Metode Detoks

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pernah menyatakan, bahwa salah satu manfaat dari berpuasa adalah mampu mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi ini berguna dalam membuang toksin atau zat-zat buruk yang tidak bermanfaat bagi tubuh.

 

5. Puasa Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Walaupun pendapat seputar merokok dapat membatalkan puasa ada beragam. Namun, teman-teman bisa memanfaatkan suasana puasa di bulan Ramadhan ini untuk mengurangi atau bahkan bisa menghentikan kebiasaan merokok. Kok bisa? Karena selama sebulan penuh di siang hari teman-teman sudah dilatih untuk tidak merokok, maka kemungkinan untuk berhenti merokok akan terbuka lebar.

 

6. Puasa dapat Mengurangi Peradangan

Ketika sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan yang terjadi pada tubuh merupakan hal yang biasa. Hanya saja, selain merasa tidak nyaman, peradangan yang terus berlanjut malah bisa berujung pada penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung. Nah, taukah teman-teman? Berdasarkan kajian ilmu kedokteran, ternyata puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

 

Demikian ulasan beberapa manfaat puasa yang bisa teman-teman rasakan. Jadi, jangan ragu untuk mengerjakan amalan ibadah berpuasa, namun  teman-teman juga harus memastikan pada saran dokter, agar dapat menjalaninya secara aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan. Sebab, beberapa kondisi, seperti diabetes tipe 1, mungkin memang tidak direkomendasikan untuk berpuasa. Salam

 

Warkasa1919,

 

 

 

Bahan bacaan : https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/6-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-tubuh-yang-harus-diketahui/

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

7 komentar untuk "Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan"

  1. Terimakasih kiriman artikelnya sangat bermanfaat nih terutama point 5 hehehhe 😁😁😁🤭🤭

    BalasHapus
  2. Puasa yang menyehatkan, ya Bu

    BalasHapus
  3. Banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan, selain itu semoga ibdah puasa kita juga diterima.

    Salam yaa ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menunaikan ibadah puasa mas Radhika, terimakasih sudah berkenan membacanya.

      Hapus