Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tips Menulis Artikel Blog

 

Beberapa Tips Menulis Artikel Blog
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Apakah kamu termasuk salah seorang yang suka menulis di blog? Apakah kamu mempunyai blog sendiri dan masih memiliki sedikit masalah terkait dengan jumlah pengunjung di blog yang tidak juga kunjung naik setelah sekian lamanya? Jika iya, maka tidak salah rasanya jika kamu membaca artikel ini.

 

Sudah berapa lama kamu memiliki blog sendiri? Dan berapa rata – rata jumlah pengunjung di blogmu? Di awal – awal kamu membuat dan menayangkan artikel perdana di dalam blog pribadimu mungkin jumlah pengunjung di blog mu tidak terlalu menjadi masalah buatmu, tapi mungkin setelah kamu banyak membaca dan berkeliling dari satu blog ke blog lainnya mungkin kamu mulai berpikir kenapa blog – blog yang kamu kunjungi begitu ramai dengan pengunjung sedangkan blog mu sendiri begitu sepi.

 

Blogger mana yang tidak menginginkan jumlah pengunjung yang banyak ketika dia menayangkan artikel di blog nya? Saya rasa semua orang yang memiliki hobi menulis pasti menginginkan artikel nya banyak dikunjungi oleh pembaca.

 

Sabar! Kamu tidak perlu panik atau kuatir karena artikelmu tidak ada yang membacanya, dulu di awal – awal saya menulis di blog juga demikian adanya. Setelah banyak – banyak membaca dan berkeliling dari satu blog ke blog lainnya, maka saya menemukan satu pepatah yang menurut saya begitu menarik sekali buat dijadikan sebagai penyemangat kita di dalam mengelola blog pribadi kita.

 

Jika oleh para pedagang ada istilah “Pembeli adalah Raja maka ternyata dalam dunia blog ada istilah konten adalah Raja." Ternyata yang menentukan banyak tidaknya pengunjung di dalam blog kita adalah bagaimana cara kita mengemas dan menyajikan isi konten tersebut agar terlihat lebih menarik bagi para pembaca. Dan berikut ini adalah beberapa tips agar artikel kita disukai oleh pembaca.

 

Apa perbedaan antara menulis artikel di blog dengan menulis artikel media cetak?  Artikel yang tayang di blog sudah tentu akan dibaca di layar elektronik dan itu cenderung lebih melelahkan mata dari pada membaca di atas lembaran kertas. Jadi untuk artikel di dalam sebuah blog sebaiknya pendek dan sederhana saja, maksimal 500 - 600 kata. Sebab pembaca di blog cendrung lebih menyukai tulisan yang bisa habis sekali baca.

 

Buatlah tulisan yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca, bukan sebaliknya, membuat artikel yang sebenarnya begitu sederhana menjadi begitu rumit bahkan terkadang malah membuat bingung pembaca.

 

Buatlah tulisan yang kamu sukai dan biarkan tulisanmu itu mengalir seperti kamu sedang bercakap – cakap dengan pembaca dan yang paling utama, sebelum artikelmu dipublikasikan atau tayang di blog sebaiknya koreksi dahulu sebelumnya, hal ini berguna untuk mengurangi kesalahan “tik” ataupun pengulangan kata, agar artikelmu tidak membosankan pembaca karena begitu banyak sekali pengulangan kata.

 

Dan yang paling fatal adalah menulis sebuah artikel dengan menggunakan bahasa SMS atau chat. Kenapa? Karena tidak semua pembaca di blog kita adalah “Anak gaul” yang mampu mengartikan tulisan seperti,“4p4 k4b4r?”

 

Selain menulis secara berkala dan konsiten di blog kita, buatlah artikel yang sesuai dengan Passion kita, sebab menulis apa yang kita sukai biasanya justru mampu mendongkrak semangat dan produktifitas kita.

 

Itu adalah beberapa tips yang menurut saya mampu membuat tulisan kita disukai oleh para pembaca yang singgah ke blog kita. Dan yang terakhir jangan sungkan meminta pendapat atau masukan dari pembaca di blog kita tentang artikel – artikel apa saja yang mereka sukai dan mungkin kita bisa menyajikannya buat mereka.

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

10 komentar untuk "Beberapa Tips Menulis Artikel Blog"

  1. Makasih ya artikelnya, sangat bermanfaat 😊😊 d tunggu artikel berikutnya 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... iya, semoga lekas pulih kondisinya agar rumahfiksi.com ini tidak terlalu lama ditinggal oleh penghuninya..

      Hapus
  2. Mantap mampir juga ya
    https://vlogabcd.blogspot.com/2021/01/cara-membuat-random-link-random-post.html

    BalasHapus
  3. Wah nulis "gaul" nih 53k4r4n6
    Hehehe

    BalasHapus
  4. Salam kenal ya. Trm ksh utk inspirasi lewat artikelnya.

    BalasHapus