Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DomaiNesia

Anda Lelah? Mari Ngopi Sejenak di Sini

Imajinasi Tanpa Batas

Anda Lelah? Mari Ngopi Sejenak di Sini

Anda lelah dan hampir stress dengan beban kerja yang terkadang seperti berada diluar kesanggupan Anda untuk memikulnya? Jika iya, rehatlah sejenak, tarik nafas dalam-dalam lalu buatlah minuman hangat yang terbuat dari biji kopi.

Kenapa Saya menyarankan untuk meminum secangkir kopi hangat? Sebab dari beberapa literature yang Saya baca, ternyata minuman yang terbuat dari bahan kopi ini mampu membuat suasana hati terasa lebih nyaman.

Bahan yang terkandung di dalam biji kopi itu di percaya mampu merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter penting di dalam tubuh. Sehingga menurut beberapa penelitian, dengan meminum secangkir kopi hangat akan membuat si peminumnya jauh merasa lebih tenang.

Tinggal di negara ini tentu saja tidak akan membuat kita kesulitan untuk mendapatkan beberapa jenis-jenis kopi pilihan yang sesuai dengan selera yang kita inginkan. Sebab Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu dari beberapa negara yang menghasilkan produk kopi-kopi pilihan. Bahkan menurut data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada tahun 2017 – 2018 Indonesia bahkan sempat tercatat sebagai penghasil biji kopi terbesar keempat, setelah negara Brazil, Vietnam dan Columbia.

Beberapa wilayah di Indonesia memang merupakan penghasil biji kopi-kopi pilihan. Tanaman kopi memang sangat cocok untuk ditanam di daerah beriklim tropis, tepatnya di wilayah tropis sebelah utara dan selatan garis Khatulistiwa (23 derajat Utara dan 23 derajat Selatan) dan hal ini memang sangat cocok dengan kondisi di beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia.

 

Foto oleh Livier Garcia dari Pexels


Beberapa daerah di Indonesia bahkan sudah berhasil menghasilkan produk kopi yang sudah terkenal di dunia. Sebut saja merk-merk kopi yang terkenal seperti; Kopi Arabika Gayo Aceh, Kopi Arabika Kintamani, Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Java Ijen Raung, Kopi Liberika Rangsang Meranti, Kopi Arabika Flores Bajawa, Kopi Robusta Temanggung.

Rata-rata produksi Kopi dari Sabang sampai Merauke itu mempunyai cita rasa khas masing-masing, sehingga beberapa nama produk Kopi itu akhirnya di beri nama yang sesuai dengan nama daerah penghasilnya. Sebut saja Kopi Arabika Gayo Aceh yang berasal dari daerah dataran tinggi Gayo yang mempunyai ketinggian 1200-1700 Mdpl.

 

Foto oleh Burst dari Pexels


Tidak hanya soal nama-nama kopi yang diberi nama sesuai daerah-daerah penghasil kopi-kopi pilihan tersebut, cara mengolah dan menikmatinya pun memerlukan proses dan cara menikmatinya tersendiri. sebagai contoh; Kopi Gayo ini bisanya disajikan dengan cara tradisional yang menarik. Jika kopi-kopi lainnya biasanya dibuat dengan cara diseduh, kopi jenis ini justru harus direbus dalam panci hingga mendidih, lalu disajikan ke dalam gelas yang telah diisi gula dan susu.

Minuman yang terbuat dari Kopi sendiri dikenal memiliki beberapa khasiat yang bagus untuk kesehatan, selain dipercaya bahwa meminum secangkir kopi hitam di pagi hari itu mampu menurunkan resiko terkena penyakit demensia, beberpa penelitian juga meyebutkan bahwa meminum secangkir kopi di pagi hari itu ternyata mampu meningkatkan fungsi otak. Sebab Kopi hitam sendiri dikenal mampu meningkatkan daya memori dengan cara menjaga otak kita tetap aktif.

Selain mampu membuat saraf-saraf  kita tetap aktif, Kopi hitam ini ternyata juga mampu membersihkan perut, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa minuman yang terbuat dari kopi ini juga  mempu meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Karena Kopi hitam sendiri mengandung Vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium.

 

 

Bahan bacaan :1, 2

 

 Kembali

Halaman
1

 © 2020-2023 - Rumahfiksi.com. All rights reserved

Warkasa1919
Warkasa1919 Ruang Berbagi dan Informasi - Menyajikan berita dengan gaya bercerita (Gaya hidup, fiksi, tutorial, teknologi) juga menerima jasa pembuatan Blog dan Website siap pakai.
www.domainesia.com