Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DomaiNesia

Apa itu Karya Fiksi

Imajinasi Tanpa Batas

Karya Fiksi 

Rumahfiksi.com - Fiksi adalah bentuk sastra yang didasarkan pada imajinasi dan menceritakan sebuah cerita. Kata fiksi berasal dari kata Latin ficus, yang mengacu pada pohon yang ditemukan di hutan Roma kuno. Penulis membuat karya fiksi dengan menggabungkan sejarah, filsafat, agama, geografi dan imajinasi. Sebagian besar karya fiksi didasarkan pada imajinasi, dan penulis menggunakannya untuk membuat cerita mereka. Beberapa penulis mendasarkan karya mereka pada kenyataan tetapi mengubah detail tertentu untuk membuat narasi mereka lebih menarik.


Definis Fiksi : Novel

Apakah Novel termasuk karya fiksi? Menurut definisi, semua novel adalah fiksi; Namun, tidak semua fiksi adalah novel. Misalnya, cerita pendek adalah bentuk fiksi yang umumnya kurang dari 10 halaman. Selain itu, buku komik, drama, dan skenario juga merupakan bentuk fiksi. Sebuah karya fiksi dapat ditulis atau diproduksi dengan menggunakan media elektronik atau digital. Beberapa karya fiksi juga merupakan kaset audio atau video atau CD yang diakses melalui kemampuan audio atau visual perangkat masing-masing.

Banyak orang berpikir bahwa cerita adalah jenis fiksi yang paling umum. Sebuah cerita hanyalah sebuah kisah tentang suatu peristiwa atau serangkaian peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seseorang dan menjadikannya protagonis. Kata cerita berasal dari bahasa Inggris Kuno dan berarti menceritakan atau menjelaskan sesuatu. Istilah naratif mengacu pada cerita faktual; dengan demikian, kata naratif juga berarti kisah berdasarkan fakta. Secara historis, banyak peradaban kuno menceritakan kisah melalui puisi dan drama epik. Mereka menyusun karya mereka di atas lempengan tanah liat dan lembaran papirus dengan pena bulu ayam. Namun, kebanyakan orang saat ini membaca cerita secara online melalui situs web seperti e-book dan Wattpad daripada salinan kertas.

Novel adalah karya naratif yang ditulis dalam bentuk prosa; ini berarti bahwa itu bukan puisi atau drama dan tidak mengandung sajak atau ritme. Kata novel berasal dari bahasa latin yang berarti pesan baru atau pesan segar. Novel adalah salah satu bentuk sastra tertua; namun, novel populer seperti petualangan Sherlock Holmes sedang populer hanya 100 tahun sebelum awal abad ke-20. Drama terkenal Shakespeare Romeo and Juliet didasarkan pada novel Italia kuno berjudul Il Giuoco D'Azzardo (The Game of Chance). Penulis mendasarkan novel mereka pada peristiwa kehidupan nyata tetapi dapat mengubah detail tertentu untuk membuat narasi mereka lebih menarik. Misalnya, Sir Arthur Conan Doyle mendasarkan novel Sherlock Holmes-nya yang terkenal pada pengalamannya sendiri dengan praktik medis di London Victoria.

Pada dasarnya, semua fiksi dibuat dengan memanipulasi fakta untuk menceritakan sebuah kisah - apakah itu petualangan, romansa , misteri atau sesuatu yang lain sama sekali. Karena cerita lebih umum daripada novel, kebanyakan orang mungkin menemukan sebuah karya fiksi tanpa membacanya sebelumnya. Oleh karena itu, akan bermanfaat untuk mempelajari genre ini jika Anda belum pernah membaca fiksi dalam bentuk apa pun sebelumnya.


Definisi fiksi : Cerpen

Cerita pendek adalah bentuk sastra naratif yang panjangnya biasanya kurang dari 10.000 kata. Cerpen merupakan pengantar yang ideal untuk dunia sastra. Sangat mudah untuk ditulis, dapat dinikmati oleh segala usia, dan tersedia dalam berbagai bentuk. Sebuah cerita pendek dapat dikomunikasikan melalui banyak media seperti media cetak, audio, audio dan visual dan media sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah cerita pendek untuk ditulis dengan baik dan menarik.

Sebuah cerita pendek adalah bentuk sastra naratif yang panjangnya biasanya kurang dari 10.000 kata. Cerpen merupakan pengantar yang ideal untuk dunia sastra. Sangat mudah untuk ditulis, dapat dinikmati oleh segala usia, dan tersedia dalam berbagai bentuk. Sebuah cerita pendek dapat dikomunikasikan melalui banyak media seperti media cetak, audio, audio dan visual dan media sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah cerita pendek untuk ditulis dengan baik dan menarik.

Cerita pendek biasanya berfokus pada satu topik dan menceritakan sebuah cerita lengkap dalam 10-15 halaman. Konten dapat didasarkan pada peristiwa nyata atau situasi imajiner murni. Namun, syarat utama untuk menulis cerita pendek adalah bahwa penulis harus memiliki gagasan yang jelas tentang subjek sebelum menuliskan paragraf tubuh. Selain itu, penulis harus memiliki pengetahuan sebelumnya tentang kata, ekspresi, dan sintaks yang relevan sebelum mulai menyusun paragraf naratif. Sangat penting bahwa topik yang dipilih untuk menulis cerita pendek cukup menarik sehingga pembaca terpikat dari awal dan terus membaca sampai akhir.

Selain menyenangkan dan mudah ditulis, cerpen juga mudah dipahami dan dapat dikomunikasikan dengan berbagai cara. Cerita biasanya disajikan dalam format serial dengan bab atau bagian singkat yang disebut paragraf. Setiap bagian dari narasi biasanya dipisahkan oleh jeda atau jeda dari bagian lain dari cerita. Jeda ini dikenal sebagai koma atau titik karena memisahkan bagian dalam kalimat atau paragraf. Selain itu, ada karakter di sebagian besar cerita pendek yang memiliki nama, kepribadian, motivasi, dan cerita latar yang membantu pembaca menjadi lebih terlibat dengan karakter dalam cerita ini.

Cerpen yang ditulis dengan baik memiliki banyak manfaat seperti menyenangkan untuk ditulis dan mudah dipahami. Setiap kelompok umur senang membaca cerita pendek karena mereka cepat membaca dan memberikan hiburan dalam beberapa bentuk seperti drama, komedi atau horor. Selain itu, sebagian besar media cetak seperti majalah atau surat kabar menampilkan beberapa cerita pendek setiap minggu yang memberikan banyak pilihan kepada pembacanya untuk menghibur pikiran mereka setiap hari mereka mengunjungi kios koran lokal atau publikasi online.

Terima kasih sudah berkenan mengunjungi rumahfiksi.com, itulah sedikit penjelasan tentang karya fiksi. Semoga bermanfaat. Kami percaya dengan kekuatan kata-kata, baik yang tertulis maupun diucapkan -Salam


NB

 

 Kembali

Halaman
1

 © 2020-2023 - Rumahfiksi.com. All rights reserved

Nulis Bersama
Nulis Bersama Ruang berbagi cerita
www.domainesia.com